Profil UKM mitra YDBA

Lakukan Sesuatu untuk Mencapai Mimpi

Do Something untuk Mencapai Mimpi
 
Eki Komarudin, lulusan perguruan tinggi swasta jurususan ekonomi akutansi (1996) ini awalnya bekerja sebagai karyawan di salah satu anak perusahaan Astra Otoparts. Selama menjadi karyawan, banyak ilmu yang telah diperoleh Eki di bidang manufaktur. Berbekal ilmu yang diperoleh ketika menjadi karyawan, Eki berkeinginan bisa berdiri sendiri dengan membuka usaha. Usahanya ini bermulai dari nol, dimana Eki harus mempersiapkan modal sendiri karena beliau bukan termasuk dari kalangan keluarga yang kaya. Tetapi, hal ini yang menjadi motivasi Eki untuk bisa lebih maju dan berkembang lagi. 
 
Eki berkordinasi dengan partner bisnisnya untuk memulai usahanya, dimana partnernya juga ikut menyokong dana untuk modal awal. Tetapi, hal tersebut masih belum cukup untuk memulai usahanya, sehingga Eki juga mencari pinjaman modal. Modal yang telah terkumpul dioptimalkan Eki, sehingga bisnisnya pun berdiri pada akhir tahun 2008 dengan fokus di trading material manufaktur seperti material plate yang telah dipotong – potong (Cutting size). Berkat kegigihannya, usaha Eki dapat berkembang sampai sekarang dan bisa memproduksi sendiri. 
 
Kesuksesan tidak lantas selalu berpihak kepada usaha Eki, dia juga sempat mengalami keterpurukan sampai harus menjual pabriknya pada tahun 2011. Pada saat itu, dia berharap keputusan yang diambilnya tepat. Untuk membuktikan keputusannya tersebut tepat, maka Eki mencoba hijrah, yaitu dengan membangun kembali pabrik di daerah Bekasi yang diberi nama PT Rizky Asa Buana. Seperti yang dikatakan Eki “Dunia ini tidak bisa diputuskan oleh sebatas akal, pikiran dan kekuatan. Jangan pernah putus asa dan terus berusaha. Untuk masalah hasil biar Tuhan yang mengaturnya”. 
 
Eki selalu memegang teguh prinsipnya, masalah jangan pernah dihindari karena masalah juga membuat kita lebih dewasa. Tetapi, Eki bangkit lagi dengan memaksimalkan hasil penjualan pabriknya dengan membuka kembali pabrik manufaktur di Bekasi. Belajar dari pengalaman, saat ini Eki sedang fokus pada perbaikan production system agar bisa menghasilkan produk yang sesuai standard.
 
Eki selalu berharap, dengan membuka pabrik ini bisa memberikan manfaat untuk masyarakat sekitarnya. Salah satu bentuk kontribusi Eki kepada masyarakat disekitar pabriknya, yaitu membantu penerangan jalan, santunan kepada 120 anak yatim piatu, sumbangan kambing pada hari besar (idul adha, idul fitri), pengajian rutin dengan warga sekitar dan menjaga kebersihan lingkungan sekitar pabrinya agar tidak mengganggu kenyamanan warga.
 
Pengusaha yang memiliki 108 karyawan ini juga pernah mendapatkan penghargaan dari Kementerian dan Koperasi yaitu sebagai UKM yang berhasil naik kelas pada tahun 2015. Seperti yang dikatakan Eki “dulu saya hanya seorang pegawai, tetapi saya mau mengeksplore diri dengan do something. Jika anda ingin menjadi sesuatu, maka lakukan sesuatu yang di luar kememapuan mu sendiri”. Selalu berfikir 1 step lebih maju dari yang lain dan manfaatkan waktu seefisien mungkin”. Tambahnya.
 
Eki bergabung menjadi IKM mitra YDBA pada tahun 2011 dan aktif mengikuti pelatihan – pelatihan yang diselenggarakan YDBA. IKM Eki juga merupakan salah satu UKM yang diberangkatkan YDBA ke Jepang untuk mempelajari sistem manajerial usaha manufaktur di Jepang. Saat ini Eki telah menjadi distributor untuk material di Kijang Innova dan Fortuner, semua itu berkat fasilitasi pasar dari YDBA, yaitu memperkenalkan Eki dengan perusahaan grup Astra. 
 
kembali
Profil lainnya

Senin, 03 Okt 2016

Yosephine Onie : Dari Garasi Menembus Pasar Luar Negeri

Keinginan untuk menjadi seorang pengusaha dapat datang dari mana saja. ...

Selasa, 24 Mei 2016

Mengekspresikan Diri melalui Serpihan Kulit Telur

Kulit telur? Hampir semua orang menganggapnya sebagai sampah yang ...

Selasa, 24 Mei 2016

Mencari Trik Jitu di Tengah Kegagalan yang Menghadang

Kegigihan adalah salah satu faktor dari pencapaian kesuksesan. Bila ...

Rabu, 02 Mar 2016

Dikejar kolektor

DJAJANG NASIR : CV ARTHA MULTI TEHNIK   Saat ini, banyak ...