Berita YDBA

YDBA dan AHM Raih Penghargaan Special Recognition di InnovAstra 2017

Senin, 19 Jun 2017

Sebagai apresiasi atas inovasi yang dihasilkan YDBA dan PT Astra Honda Motor (AHM) mendapatkan penghargaan Special Recognition Kategori Value Chain Innovation (VCI) di acara InnovAstra pada tanggal 9 Maret 2017.

Penghargaan ini merupakan salah satu bentuk apresiasi Astra dalam mendukung pengembangan UMKM di Indonesia yang dilakukan yayasan berkolaborasi dengan Grup Astra.

Innovasi yang dilakukan YDBA dan AHM ini, yaitu menjadikan 6 UMKM Mitra YDBA di Waru-Sidoarjo dan Tegal masuk dalam supply chain AHM dengan menjadi supplier 1st tier AHM. Keenam UMKM tersebut,  PT Elang Jagad, UD KS Pro, UD Borneo Putra, UD Karya Jaya, PT FNF dan PT Metalindo Utama.

Ada tujuan yang sejalan antara YDBA dan AHM.  YDBA mengembangkan UMKM bertujuan untuk menjadikannya mandiri. Sedangkan AHM memiliki tujuan meningkatkan daya saing vendornya di bidang quality, cost, delivery, development dan management (QCDDM). Kebersamaan YDBA dan AHM membuat kolaborasi semakin kuat.

Selama 2 tahun, YDBA dan AHM menyusun strategi dalam program supply chain ini. Berbagai  kegiatan dilakukan kedua belah pihak, mulai dari asesmen kemandirian, pelatihan dan pendampingan manajerial & teknikal,  hingga pemagangan UKM di  1st tier AHM.

Pada awalnya keenam UMKM logam di Waru dan Tegal tersebut belum memiliki  standar mutu yang baik. Sepertu material bahan baku yang tidak standar, ketidaktahuan terhadap gambar teknik, ketidaktahuan metode penghitungan biaya, dan rendahnya kesadaran terhadap keselamatan kerja. Semua itu,  menjadi penyebab UMKM sulit memasuki pasar industri besar.

Melihat kondisi di atas, YDBA bersama AHM mulai menanamkan prinsip-prinsip QCDI (Quality, Cost, Delivery, Innovation) dan budaya kaizen kepada para UMKM melalui berbagai pelatihan seperti  Mentalitas Dasar, Gambar Teknik, 5R, dan berbagai pelatihan lain yang mampu meningkatkan kompetensi UMKM agar dapat ‘naik kelas’ dan meningkatkan usahanya menjadi level industri. Para UMKM pun diajak untuk melakukan studi banding, salah satunya ke AHM. Tak hanya berhenti disitu, YDBA juga menanamkan sistem manajemen yang berkelanjutan agar bisnis UMKM bisa tahan dari berbagai kondisi ekonomi yang terus berubah.
 
Tahun ini, keenam UMKM tersebut telah diberikan kepercayaan oleh 1st tier AHM, yaitu PT Dhrama Polymethal dan PT Rahmat Perdana Adhimetal untuk mensupply produknya masing-masing kepada kedua 1st tier itu.

Keberhasilan yang dicapai hasil kolaborasi YDBA dan AHM menambah  semangat kepada YDBA untuk melebarkan sayapnya dengan memperbanyak VCI  dengan Grup Astra yang lain. Kemudian dari sisi UMKM, dengan adanya VCI membuat UMKM makin percaya diri sebagai partner industri besar.

 

kembali
Berita lainnya

Senin, 19 Jun 2017

Kick Off Sektor Unggulan di Bontang

Pada 27 April 2017, YDBA mengadakan Kick Off Sektor Unggulan Padi ...

Senin, 19 Jun 2017

UMKM YDBA Kembali Ramaikan Pameran INACRAFT

Untuk memberikan akses pasar serta mempromosikan produk UMKM ...

Senin, 19 Jun 2017

Menteri Sri Mulyani: Tren Ekonomi Indonesia 2017 Mulai Positif

Setelah menyentuh dasar (bottom) pada tahun 2016, tren perekonomian ...

Jumat, 09 Des 2016

YDBA Telah Memberangkatkan 115 UMKM Mitranya ke Jepang

Tahun ini adalah gelombang kelima Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) ...