Berita YDBA

Tahun ini, YDBA Berangkatkan UKM Batch 6 ke Jepang

Selasa, 12 Sept 2017

Tahun ini adalah gelombang keenam Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) memberangkatkan UMKM Mitranya ke Jepang untuk mengikuti training The Program on Corporate Management for Indonesia (IDCM) di Kansai Kenshu Center, Osaka, Jepang.

 

Pemberangkatan Angkatan I dilakukan pada tahun 2013 dengan jumlah 24 UMKM, Angkatan II dan III tahun 2014 dengan memberangkatkan 48 UMKM, sedangkan Angkatan IV pada tahun 2015 memberangkatkan 22 UMKM, Angkatan V dilaksanakan tahun lalu dengan memberangkatkan 21 UMKM. Tahun ini, YDBA memberangkatkan 22 UMKM yang bergerak di bidang manufaktur dan kerajinan.

 

Program ini merupakan kerjasama YDBA, Association for Overseas Technical Cooperation and Sustainable Partnerships (AOTS) dan Himpunan Alumni AOTS Indonesia (HAAI). AOTS adalah organisasi internasional di bawah Ministry of Economy, Trade and Industry (METI) Jepang yang bergerak di bidang pengembangan sumber daya manusia di negara-negara berkembang untuk mempromosikan kerjasama teknis melalui pelatihan, pengiriman pakar dan program lainnya.  

 

Tahun ini, training akan dilaksanakan pada tanggal 13 – 26 September 2017. Peserta akan mendapatkan pelatihan manajemen perusahaan dan kesempatan benchmarking ke beberapa UKM Jepang. Diberangkatkannya UMKM ke Jepang ini bertujuan untuk menambah pengetahuan dan mendapatkan kesempatan untuk meningkatkan daya saing. Hal ini sejalan dengan development framework YDBA, yaitu mendorong UMKM menjadi Mandiri.

 

Program ini juga ditujukan agar peserta memahami karakteristik UMKM ‘excellence’ di Jepang melalui pembelajaran filosofi manajemen dan proses pengembangan strategi manajemen. Selain itu, UMKM diharapkan pula mampu menganalisis masalah-masalah yang terjadi di perusahaannya masing-masing, serta dapat memformulasikan rencana penyelesaiannya. Dalam training ini juga dilaksanakan temu bisnis dengan mempertemukan UMKM Jepang dengan UMKM  Mitra YDBA.


Proses Seleksi

 

Seluruh UMKM Mitra YDBA ini telah mengikuti seleksi administrasi dengan melengkapi Pre Training Report yang terdiri dari struktur organisasi dan company profile. Bidang usaha dari UMKM juga menjadi salah satu pertimbangan dalam penilaian yang dilakukan oleh AOTS.

 

Sekretaris Pengurus YDBA, Mohammad Iqbal, dalam acara pelepasan peserta training The Program on Corporate Management for Indonesia (IDCM) 2017 di kantor YDBA (11/09) menyampaikan : “Kami berharap, para peserta batch 6 ini menjadi peserta terdepan yang sepulang nanti tidak hanya mendapatkan ilmu baru mengenai manajemen bisnis, namun juga membawa improvement-improvement baru yang dapat dikembangkan dan diimplementasikan di perusahaannya masing-masing. Sehingga waktu, tenaga dan materi yang telah dikorbankan selama 2 minggu di Jepang akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat,” ujarnya.

 

Selain itu, beliau juga menyampaikan harapannya agar program kerjasama YDBA, AOTS dan HAAI ini terus berlanjut dan semakin banyak UMKM yang mengikuti training ini. Dengan demikian UMKM bisa mempunyai standar pengembangan bisnisnya.   

 

Acara pelepasan berlangsung pada tanggal 11 September 2017 di kantor YDBA, Jakarta. Selain Sekretaris Pengurus YDBA Mohammad Iqbal, hadir dalam acara ini, yaitu Saharto Sahardjo, Wakil Ketua HAAI dan Dea Intan Perwakilan AOTS kantor Jakarta.

kembali
Berita lainnya

Senin, 09 Okt 2017

YDBA Kembangkan Sektor Unggulan Kuliner di Mataram

Menghadapi tantangan dalam bidang pembinaan UMKM yang menuntut ...

Senin, 18 Sept 2017

Kick Off Sektor Unggulan Pupuk Organik di Semarang

Keberadaan danau alami yang luasnya mencapai 2770 hektar di ...

Senin, 14 Ags 2017

Menteri Perindustrian Kunjungi Booth YDBA di GIIAS

Pada Pembukaan Gaikindo Indonesia International Autoshow (GIIAS) ...

Minggu, 13 Ags 2017

Tumbuhkan Semangat Kaizen UMKM Melalui Konvensi QCC

Dalam menjalankan bisnis di era yang sangat kompetitif seperti saat ...