Berita YDBA

YDBA Kembangkan Sektor Unggulan Kuliner di Mataram

Senin, 09 Okt 2017

Menghadapi tantangan dalam bidang pembinaan UMKM yang menuntut peningkatan kompetensi dalam waktu yang relatif cepat, YDBA membentuk sebuah program pembinaan yang dinamakan Sektor Unggulan. Program ini memfokuskan pembinaan pada satu sektor industri yang diikuti oleh sebuah komunitas UMKM yang jenis usahanya homogen. Dengan memfokuskan diri pada sebuah komunitas UMKM homogen, kenaikan kelas dan sustainability bisnis UMKM dapat dicapai dengan efektif dan efisien.

Pada kesempatan kali ini, pada 06 Oktober 2017, YDBA meluncurkan program sektor unggulan di salah satu cabangnya yaitu Lembaga Pengembangan Bisnis (LPB) Mataram, Nusa Tenggara Barat. Program ini menyasar komunitas UMKM kuliner di Kota Mataram dan sekitarnya.

Dalam peresmian yang dilakukan di Kantor LPB Mataram ini, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Nusa Tenggara Barat, H.Budi Subagyo bersama dengan Ketua Pengurus YDBA, Henry C. Widjaja dan Koordinator LPB Mataram serta perwakilan UMKM menandatangani nota kesepakatan yang menunjukkan komitmen bersama untuk mengembangkan UMKM Kuliner di Mataram dan sekitarnya.

Sektor Unggulan di LPB Mataram melibatkan 35 UKM yang bergerak di bidang kuliner seperti katering, rumah makan, hingga makanan siap saji. Dalam kegiatannya, program pembinaan yang dilakukan akan berupaya untuk meningkatkan kualitas, kapasitas, produktivitas, standarisasi mutu hasil, serta memperluas jangkauan pemasaran produk. Saat ini, UKM Kuliner Mitra LPB Mataram yang tergabung kedalam Koperasi Serba Usaha (KSU) Cabe Rawit telah berhasil memasuki pasar beberapa outlet Indomaret di Mataram melalui produk makanan siap saji seperti nasi kuning, sandwich, siomay, dan beberapa produk lainnya.

Dalam sambutannya, Ketua Pengurus YDBA, Henry C. Widjaja berharap dengan diluncurkannya program sektor unggulan ini, UKM Kuliner di Mataram bisa termotivasi untuk ‘naik kelas’ dan ‘awet’ dalam menjalankan bisnisnya. Dengan terwujudnya kedua hal tersebut, diharapkan UKM anggota komunitas sektor unggulan bisa menjadi UKM Mandiri, yaitu UKM yang memiliki bisnis yang berkelanjutan.

kembali
Berita lainnya

Senin, 11 Des 2017

Kunjungan GM IKEA ke UKM Mitra YDBA

Yayasan Dharma Bhakti Astra dan IKEA Indonesia dalam beberapa bulan ...

Senin, 27 Nov 2017

Sharing YDBA di ASEAN Mentorship for Entrepreneurs Network

Pada tanggal 12 hingga 15 November 2017 lalu, YDBA mendapat undangan ...

Senin, 18 Sept 2017

Kick Off Sektor Unggulan Pupuk Organik di Semarang

Keberadaan danau alami yang luasnya mencapai 2770 hektar di ...

Selasa, 12 Sept 2017

Tahun ini, YDBA Berangkatkan UKM Batch 6 ke Jepang

Tahun ini adalah gelombang keenam Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) ...