Berita YDBA

Hebatnya UKM di GIIAS 2018

Kamis, 02 Ags 2018

Industri otomotif Indonesia terus berevolusi dalam meningkatkan kinerjanya agar dapat bersaing di tingkat global. Sebagai salah satu bidang yang berperan penting dalam menggerakkan roda perekonomian nasional, industri otomotif didukung oleh berbagai pihak, salah satunya dari Usaha Kecil dan Menengah (UKM).  

Sebagai salah satu bagian dari Corporate Social Responsibility (CSR) PT Astra International Tbk, sejak didirikannya dari tahun 1980, Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) telah membina 411 UKM Manufaktur di Indonesia. UKM Manufaktur Mitra YDBA terdiri dari 308 UKM Manufaktur terkait dengan industri otomotif dan 103 UKM Manufaktur yang terkait dengan industri otomotif. Dari 308 yang terkait, 211 UKM menjadi supplier komponen dan 97 menjadi supplier equipment, yaitu dies, jig, tools, fixture dan after market. UKM Manufaktur Mitra YDBA menyerap tenaga kerja sekitar 30.100 orang. Di hulu industri otomotif, YDBA membina UKM Manufaktur, sedangkan di hilir, secara akumulasi YDBA telah membina 4.123 UKM Bengkel Roda Empat dan 757 UKM Bengkel Roda Dua.

YDBA telah membina UKM-nya melalui berbagai program pembinaan, salah satunya fasilitasi pemasaran. GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang telah diselenggarakan sejak tahun 1986, menjadi salah satu sarana bagi UKM Mitra YDBA untuk memamerkan produk-produk terbaiknya. Selain itu, GIIAS menjadi sarana bagi YDBA untuk menyampaikan informasi mengenai perkembangan Sektor Unggulan yang menjadi fokus pembinaan YDBA saat ini.

Pada tahun 2018 ini, YDBA kembali berpartisipasi dalam GIIAS yang diselenggarakan pada 2 hingga 12 Agustus 2018. YDBA mengangkat tema “Kontribusi UKM dalam Industri Otomotif Nasional” yang ditampilkan dalam dua area booth, yakni Booth Pohon Industri di Prefunction Hall 3A dan Booth Pameran UKM di Hall 2 No. 2-O. Booth Pohon Industri berisi tentang komponen-komponen otomotif UKM Mitra YDBA, serta materi-materi mengenai Sektor Unggulan yang saat ini sedang dikembangkan oleh YDBA. Selain itu, dalam Booth Pohon Industri juga menampilkan alat angkut perkebunan “Wintor” dari anak perusahaan PT Astra Otoparts Tbk, yang mana sebagian komponennya juga diproduksi oleh UKM Mitra YDBA.

Sedangkan pada Booth Pameran UKM, ditampilkan produk-produk dari 8 UKM Manufaktur, 1 UKM Bengkel, dan 3 UKM Kerajinan Mitra YDBA, antara lain PT Sinar Agung Selalu Sukses, PT Cipta Perdana Lancar, PT Puas Jaya Perkasa, PT Yogya Presisi Tehnikatama Industri, PT Eran Teknikatama, PT Bakom Metal Industri, Sektor Unggulan Logam Waru dan Tegal, PT Nawilis Waskita Lestari, Heejou, Mintea Handmade, dan Trois Art.

Dalam konferensi pers yang diadakan pada 3 Agustus 2018 di Booth Pameran UKM YDBA, Ketua Pengurus YDBA, Henry C. Widjaja, menyampaikan tentang bagan Ekosistem Pembinaan YDBA, yaitu penggambaran secara menyeluruh mengenai proses pembinaan UKM dan kaitannya dengan seluruh stakeholder. Ekosistem tersebut melibatkan 3 komponen penting, yaitu YDBA, UKM Mitra YDBA, dan Grup Astra. YDBA dan UKM mitranya saling bersinergi dalam mengembangkan UKM ke tahap Mandiri. YDBA juga mengajak kerjasama dengan Grup Astra melalui Program Ayah Angkat bagi UKM-UKM Sektor Unggulan, agar proses menaikkan kelas UKM dapat dijalankan dengan lebih efektif. Pada akhirnya, Grup Astra dan UKM Mitra YDBA bisa saling mendapat mutual benefit, yaitu  menjadi supplier, customer, dan brand ambassador.

Melalui kehadiran YDBA di GIIAS tahun ini, semoga kontribusi UKM Mitra YDBA dalam Industri Otomotif Nasional bisa semakin dikenal oleh khalayak luas dan terus mengembangkan bisnisnya dalam mencapai keberhasilan, sejalan dengan misi Astra, yaitu “Sejahtera Bersama Bangsa”.
 

kembali
Berita lainnya

Selasa, 10 Jul 2018

Perayaan HUT ke-38 YDBA di Tapin

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peran yang penting ...

Rabu, 31 Jan 2018

Kick-Off Sektor Unggulan Klaten

Kick Off Sektor Unggulan dilaksanakan di PT Menara Terus Makmur, ...

Senin, 11 Des 2017

Kunjungan GM IKEA ke UKM Mitra YDBA

Yayasan Dharma Bhakti Astra dan IKEA Indonesia dalam beberapa bulan ...

Senin, 27 Nov 2017

Sharing YDBA di ASEAN Mentorship for Entrepreneurs Network

Pada tanggal 12 hingga 15 November 2017 lalu, YDBA mendapat undangan ...