Berita YDBA

LPB Pama Banua Etam Adakan Temu Tani Hortikultura

Minggu, 09 Apr 2017

Pada tanggal 17 Januari 2017, LPB Pama Banua Etam mengadakan kegiatan temu tani di Kantor LPB, Kecamatan Sangatta Utara, Kabupaten Kutai Timur. Kegiatan yang diikuti oleh 3 UMKM sektor pertanian binaan LPB ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan demplot jagung antara UMKM Berdikari dan Peternakan Sapi Terpadu (PESAT).

 

Bayu Nur Rahman sebagai perwakilan UMKM Berdikari, menginformasikan bahwa UMKM akan menemukan kendala dalam memasok tebon jagung sebanyak 1 ton per hari ke PESAT. Karena, terkendala luas lahan dan jumlah tebon jagung yang dimiliki hanya bisa dipenuhi sampai tanggal 4 Februari 2017. Setelah itu akan terjadi kekosongan pasokan.

 

Dari musyawarah tani ini, dihasilan solusi sebanyak 3 UMKM yang diwakili oleh Bayu Nur Rahman, Sudarwo dan M. Kholis akan membantu UMKM Berdikari dalam pemenuhan kuota yang ditetapkan PESAT. UMKM-UMKM lain yang dibawahi oleh Sudarwo dan M. Kholis akan mensosialisasikan hal ini kepada para petani tebon jagung. Ketiga UMKM juga sepakat untuk mensosialisasikan kepada seluruh petani agar menanam jagung pada minggu ketiga dan keempat Februari dengan jumlah tanam sebanyak 5 kg per minggu.

 

Selain suplai tebon jagung, dibahas juga tentang permintaan rumput gajah yang meningkat pesat. Namun MoU penjualan rumput gajah dan tebon jagung hanya ditandatangani oleh Bayu Nur Rahman, sehingga untuk 2 UKM lainnya harus berkoordinasi lebih dulu dengan pihak UMKM Berdikari. Dengan permintaan yang sedang meningkat ini, diharapkan bisa meningkatkan pendaoatan UMKM sektor pertanian Mitra LPB Pama Banua Etam.

kembali
Berita lainnya

Senin, 26 Jun 2017

UMKM Mitra LPB Mataram Jalin Kerjasama dengan Transmart dan Indomaret

Dalam rangka memperluas jangkauan pemasaran UMKM Mitra LPB Mataram, ...

Jumat, 23 Jun 2017

Program Pengembangan UMKM bagi Perajin Cangkul di Klaten

Kabupaten Klaten telah lama dikenal sebagai salah satu sentra ...

Senin, 19 Jun 2017

Studi Banding Petani Mitra LPB Baprida ke Balitsa dan BBPB

Dalam rangka meningkatkan keterampilan Petani Mitra LPB Baprida dalam ...

Jumat, 16 Jun 2017

Kick-Off Pemagangan IKM Tegal di PT Berdikari Metal Engineering

Pada 3 Maret 2017 lalu, Yayasan Dharma Bhakti Astra dan PT Astra Honda ...