Sejarah

 
 
Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) merupakan yayasan yang didirikan oleh William Soeryadjaya pada 1980 dengan filosofi “Berikan Kail Bukan Ikan”. Sepanjang 35 tahun perjalanannya, YDBA telah membina 8.646 UMKM yang tersebar di Indonesia. Untuk pemuda putus sekolah, YDBA telah melatih 552 pemuda putus sekolah menjadi mekanik. YDBA juga telah menciptakan 57.837 lapangan pekerjaan melalui UMKM yang difasilitasinya.
 
Untuk melakukan pembinaan di daerah, YDBA bersama Grup Astra mendirikan lembaga pengembangan bisnis (LPB) yang sampai saat ini telah berjumlah 12 LPB yang berada di Mataram, Jakarta, Kutai Barat, Sidoarjo, Palembang, Kapuas Tengah, Tapin, Yogyakarta, Tegal, Paser, Pontianak dan Muara Enim. 
 
Untuk membantu UMKM dan masyarakat di daerah dalam mendapatkan akses pembiayaan, YDBA mendirikan Lembaga Keuangan Mikro (LKM) / Koperasi. Sampai saat ini, YDBA telah mendirikan 10 LKM/ Koperasi yang tersebar di Tabalong Kalimantan Selatan, Buntok Kalimantan Tengah, Tamiang Layang Kalimantan Tengah, Balangan Kalimantan Selatan, Mamuju Utara Sulawesi Barat, Poloho Budong Mamuju Sulawesi Barat, Tapin Kalimantan Selatan, Kutai Barat Kalimantan Timur, Pangkalan Bun Kalimantan Tengah dan Kutai Kartanegara Kalimantan Timur.  
 
YDBA didirikan sebagai komitmen Astra untuk berperan serta secara aktif dalam membangun bangsa, seperti yang diamanatkan dalam butir pertama filosofi Astra, Catur Dharma, yaitu Menjadi Milik yang bermanfaat bagi Bangsa dan Negara. 
 
YDBA menjalankan program tanggung jawab sosial Astra dengan fokus pada UMKM yang meliputi UMKM subkontraktor terkait value chain bisnis Astra, manufaktur tidak terkait bisnis Astra, bengkel mitra Honda, Astra Honda Authorized Service Station (AHASS), bengkel umum roda empat, bengkel umum roda dua, pengrajin dan petani.
 
YDBA memfasilitasi UMKM yang tersebar di Indonesia baik yang masuk dalam value chain bisnis Astra maupun tidak berdasarkan pada operating values, yaitu Compassionate, Adaptive, Responsible and Excellent (CARE). YDBA juga memberikan pelatihan dan pendampingan kepada UMKM sesuai dengan kebutuhannya, yaitu untuk mencapai kemandirian. 
 
Lini Masa Perjalanan YDBA
 
 
2015
Peluncuran logo baru YDBA pada Perayaan HUT YDBA ke-35
 
2014
7 Mei 2014 Perayaan HUT YDBA ke-34 dengan Meluncurkan Direktori UKM Manufaktur Mitra YDBA.
 
2013
2 Mei 2013, YDBA merayakan Ultah ke-33 tahun. Diperayaan HUT ke-33 juga, YDBA menggelar Konvensi UKM Mitra YDBA.
 
2012
Launching YDBA Operating Values “CARE” dan dirumuskannya kriteria baru “UMKM Mandiri” untuk menyempurnakan visi sebelumnya.
 
2011
Mendapatkan Certificate of Recognition (COR) dari Kementerian Koperasi dan UKM atas peran serta Astra dalam pembinaan UMKM.
 
2010
- Didirikannya Lembaga Pengembangan Bisnis (LPB) TOPPAMA di Kapuas, Kalimantan Tengah kerjasama YDBA, PT Telen Orbit Prima dan PT Pamapersada Nusantara.
- Peresmian LPB Mitra Bersama di Palembang dan Bukittinggi.
 
2009
Peresmian LPB Mitra Bersama di Waru Sidoarjo sebagai bentuk realisasi kerjasama Astra, BCA, dan Pertamina.
 
2008
-Pendirian Lembaga Keuangan Mikro (LKM) / Koperasi Mitra Surya sejahtera dan LKM Benteng Kayu Mangiwang di area perkebunan PT Astra Agro Lestari Tbk, Mamuju, Sulawesi Barat.
-Pendirian LKM Syariah Berkah Banua di areal pertambangan batubara PT Kalimantan Prima Persada, Tapin, Kalimantan Selatan.
-Pendirian LPB Pama Mitra Daya di areal pertambangan batubara PT Pamapersada Nusantara, Kutai Barat, Kalimantan Timur.
 
2007
YDBA menerima penghargaan dari Pemerintah RI atas kontribusi dalam pengembangan industri kerajinan di Indonesia.
 
2005
- Diresmikannya LKM / Koperasi Banua Bauntung Tabalong di Kalimantan Selatan.
-Pembukaan Galeri UKM YDBA di Kemang, Jakarta sebagai usaha YDBA untuk membantu akses pemasaran produk UKM binaan.
 
2003
Diresmikannya LPB Adaro - Pama di Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan dan LPB Gianyar, Bali.
 
1998
Peresmian Sentra Industri Kecil Sukabumi (SENTRIS) Sukabumi oleh Mantan Presiden Soeharto.
 
1997
- Didirikan Klinik Konsultasi Bisnis (KKB) di Mataram NTB, Sungai Puar Sumatera Barat dan Lampung.
- Didirikan UIUKK di Samarinda yang terbentuk sebagai partisipasi Astra pada Gerakan Kemitraan Nasional (GKN) Kelompok Jimbaran.
 
1996
YDBA mendirikan Unit Informasi Usaha Kecil dan Koperasi (UIUKK) di Tegal, Jawa Tengah dan Mataram Nusa Tenggara Barat.
 
1994
Terbentuk UIUKK di Waru Sidoarjo, Jawa Timur dan Ceper, Klaten, Jawa Tengah.
 
1993
Didirikannya Unit Informasi Industri Kecil (UIKK) di Bandung, Jawa Barat.
 
1991
YDBA menerima penghargaan UPAKARTI dari Pemerintah Indonesia mengenai partisipasinya dalam mengembangkan UKM dalam negeri.
 
1984
YDBA bekerjasama dengan Organization for Industrial Spiritual and Cultural Advancement (OISCA) International Jepang mendirikan Pusat Latihan Usaha Tani  International di Tapos, Cimanggis, Bogor.
 
1982
YDBA bekerjasama dengan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) membuat buku mengenai Pembinaan Industri Kecil.
 
1980
Pada 2 Mei 1980, YDBA didirikan oleh Pendiri Astra Oom William Soeryadjaya.