Pengembangan UMKM Mandiri

Sasaran YDBA adalah mewujudkan UMKM mitranya menjadi mandiri sehingga dapat meningkatkan usahanya melalui pencarian pasar atau pembiayaan tanpa bantuan pihak lain.
 
Untuk mencapai sasaran tersebut, YDBA membuat strategy roadmap yang dibagi dalam 3 tahapan. Tahap pertama (2013-2014), fokus dalam “membangun prestasi berlandaskan kompetensi”; tahap kedua (2015-2017) fokus untuk “menjadi partner yang dipercaya”; tahap ketiga (2018-2020) fokus untuk “menjadi model pengembangan pertumbuhan UMKM”
 
Strategi-strategi tersebut diturunkan dalam program-program pelatihan dan pendampingan (produksi, pemasaran, keuangan, bidang ke-HRD-an, EHS&CSR) serta fasilitasi akses pemasaran dan pembiayaan.
 
ASSESSMENT KEMANDIRIAN
  1. Tools penilaian (developed by: PIC UKM Grup Astra) 
  2. Pilar Penilaian
    1. HRD                      : Pengelolaan SDM perusahaan
    2. Produksi/Service   : Operasional perusahaan berdasarkan prinsip QCDI
    3. Pemasaran            : Pemasaran produk/jasa perusahaan 
    4. Keuangan              : Pengelolaan keuangan perusahaan 
    5. EHS/CSR              : Kontribusi perusahaan kepada lingkungan dan masyarakat