Sudah melakukan apa sepanjang tahun ini? Pertanyaan ini relevan ‘kan ditanyakan menjelang pergantian tahun? Kondisi perekonomian dan kehidupan sosial selama 2022 menjadi titik balik bagi para pegiat UMKM. Bukan saja berniaga melalui interaksi langsung, beragam inovasi juga muncul dalam rangka memajukan UMKM di era saat ini.
Tahun ini merupakan transisi pemulihan dari pandemi Covid-19 yang memberikan dampak kurang baik kepada UMKM dalam beberapa tahun ke belakang. Amat beruntung, di tahun ini Indonesia juga mendapat beberapa kesempatan menghelat acara internasional. Terbaru, yang paling prestis adalah menjadi presidensi forum G20, yang secara bersamaan mengangkat potensi perekonomian lokal ke skala yang lebih besar.
Bersebrangan dengan kondisi di atas, bagi beberapa UMKM, tahun ini juga mungkin jadi tahun yang berat. Usaha kecil yang dirintis ada yang bertumbuh cepat, tak sedikit juga yang tertatih-tatih untuk tetap bertahan. Baik berada di antara tantangan tersebut ataupun merasa tahun 2022 sudah bertumbuh baik, UMKM memerlukan refleksi yang lebih dalam untuk melihat tiap peluang dan evaluasi untuk tahun berikutnya yang lebih baik lagi.
Upaya merefleksikan aktivitas dan kejadian sepanjang tahun ini perlu juga dibarengi dengan motivasi untuk memperbaikinya pada 2023. Tahun depan akan menjadi tahun yang perlu dibangun secara optimis, meski dalam beberapa masa akan berlangsung dinamis. Yayasan Dharma Bhakti Astra merangkum beragam resolusi yang dapat dan akan amat baik digiatkan oleh UMKM di Indonesia. Resolusi ini juga potensial untuk diadaptasi dan dimodifikasi bergantung kebutuhan UMKM, berikut 20 resolusinya:
- Bangun situs web dan kanal media sosial yang kuat
- Bersosialisasi lebih luas dengan sekitar daerah
- Menulis blog
- Menjaga eksistensi UMKM di dunia digital
- Belajar soal SEO
- Melanglang buana untuk membangun koneksi
- Temukan audiens target potensial UMKM
- Tingkatkan pemasaran melalui media sosial
- Menyusun arsip basis data UMKM
- Sempurnakan layanan pelanggan UMKM
- Menguatkan merek dagang
- Memiliki rencana back up
- Menjalankan pengujian rencana A/B
- Bersikap ramah dengan pelanggan
- Memiliki desain grafis yang mampu menangkap audiens
- Tetap up to date pada isu sosial dan pemasaran
- Merambah dunia periklanan di media sosial
- Mempertajam copywriting dan membuatnya lebih bermakna
- Fokus pada pertumbuhan UMKM dari segi internal dan eksternal
- Terlibat dalam berbagai pelatihan/komunitas
Berkaitan dengan pelatihan, pada 2023, Yayasan Dharma Bhakti Astra akan menyelenggarakan beragam pelatihan untuk meningkatkan kapasitas UMKM agar terus bertumbuh. Informasi mengenai daftar pelatihan bagi UMKM Binaan Head Office YDBA di Jabodetabek dapat dilihat melalui unggahan di Instagram @ydba_astra, dan jika berminat dapat mendaftarkan UMKM Anda melalui tautan bit.ly/PelatihanHO-YDBA2023. Bagi UMKM binaan cabang YDBA atau LPB silakan dapat menghubungi masing-masing LPB untuk informasi jadwal pelatihan tahun 2023.