Yayasan Dharma Bhakti Astra Yayasan Dharma Bhakti Astra
Info UMKM
30 Desember 2022 Artikel

20 RESOLUSI YANG PERLU DILAKUKAN UMKM PADA 2023

Foto: iStock/Ilustrasi Kembang Api di Tahun Baru

Sudah melakukan apa sepanjang tahun ini? Pertanyaan ini relevan ‘kan ditanyakan menjelang pergantian tahun? Kondisi perekonomian dan kehidupan sosial selama 2022 menjadi titik balik bagi para pegiat UMKM. Bukan saja berniaga melalui interaksi langsung, beragam inovasi juga muncul dalam rangka memajukan UMKM di era saat ini.

Tahun ini merupakan transisi pemulihan dari pandemi Covid-19 yang memberikan dampak kurang baik kepada UMKM dalam beberapa tahun ke belakang. Amat beruntung, di tahun ini Indonesia juga mendapat beberapa kesempatan menghelat acara internasional. Terbaru, yang paling prestis adalah menjadi presidensi forum G20, yang secara bersamaan mengangkat potensi perekonomian lokal ke skala yang lebih besar.  

Bersebrangan dengan kondisi di atas, bagi beberapa UMKM, tahun ini juga mungkin jadi tahun yang berat. Usaha kecil yang dirintis ada yang bertumbuh cepat, tak sedikit juga yang tertatih-tatih untuk tetap bertahan. Baik berada di antara tantangan tersebut ataupun merasa tahun 2022 sudah bertumbuh baik, UMKM memerlukan refleksi yang lebih dalam untuk melihat tiap peluang dan evaluasi untuk tahun berikutnya yang lebih baik lagi.

Upaya merefleksikan aktivitas dan kejadian sepanjang tahun ini perlu juga dibarengi dengan motivasi untuk memperbaikinya pada 2023. Tahun depan akan menjadi tahun yang perlu dibangun secara optimis, meski dalam beberapa masa akan berlangsung dinamis. Yayasan Dharma Bhakti Astra merangkum beragam resolusi yang dapat dan akan amat baik digiatkan oleh UMKM di Indonesia. Resolusi ini juga potensial untuk diadaptasi dan dimodifikasi bergantung kebutuhan UMKM, berikut 20 resolusinya:

  1. Bangun situs web dan kanal media sosial yang kuat
  2. Bersosialisasi lebih luas dengan sekitar daerah
  3. Menulis blog
  4. Menjaga eksistensi UMKM di dunia digital
  5. Belajar soal SEO
  6. Melanglang buana untuk membangun koneksi
  7. Temukan audiens target potensial UMKM
  8. Tingkatkan pemasaran melalui media sosial
  9. Menyusun arsip basis data UMKM
  10. Sempurnakan layanan pelanggan UMKM
  11. Menguatkan merek dagang
  12. Memiliki rencana back up
  13. Menjalankan pengujian rencana A/B
  14. Bersikap ramah dengan pelanggan
  15. Memiliki desain grafis yang mampu menangkap audiens
  16. Tetap up to date pada isu sosial dan pemasaran
  17. Merambah dunia periklanan di media sosial
  18. Mempertajam copywriting dan membuatnya lebih bermakna
  19. Fokus pada pertumbuhan UMKM dari segi internal dan eksternal
  20. Terlibat dalam berbagai pelatihan/komunitas

Berkaitan dengan pelatihan, pada 2023, Yayasan Dharma Bhakti Astra akan menyelenggarakan beragam pelatihan untuk meningkatkan kapasitas UMKM agar terus bertumbuh. Informasi mengenai daftar pelatihan bagi UMKM Binaan Head Office YDBA di Jabodetabek dapat dilihat melalui unggahan di Instagram @ydba_astra, dan jika berminat dapat mendaftarkan UMKM Anda melalui tautan bit.ly/PelatihanHO-YDBA2023. Bagi UMKM binaan cabang YDBA atau LPB silakan dapat menghubungi masing-masing LPB untuk informasi jadwal pelatihan tahun 2023. 

 

 

Artikel Terkait

CARA MENGAMATI PRAKIRAAN CUACA UNTUK MENENTUKAN AKTIVITAS UMKM

Mengamati prakiraan cuaca adalah langkah pent...
25 Maret 2024

HAK KONSUMEN YANG PERLU DIKETAHUI OLEH PELAKU UMKM

Hak Konsumen mengacu pada hak-hak yang diberi...
22 Maret 2024

CARA MENCANTUMKAN LABEL KANDUNGAN GIZI PADA PRODUK DENGAN BAIK DAN BENAR

Pada Peraturan Badan Pengawas Obat dan Makana...
23 Februari 2024

JENIS PRODUK DAN USAHA YANG WAJIB MEMILIKI SERTIFIKAT HALAL

Berdasarkan aturan Undang-Undang Nomor 33 Tah...
12 Februari 2024