Yayasan Dharma Bhakti Astra Yayasan Dharma Bhakti Astra
01 April 2022 Artikel

Apakah Recyle, Upcycle dan Downcycle? Apakah Perbedaannya ?

Pernah mendengar istilah Recycle, Upcycle dan Downcycle? Tapi tahukah kalian makna dan perbedaan dari ketiga istilah tersebut?

 

Ketiganya merupakan upaya untuk mengolah sampah menjadi produk yang terbaru dan berguna. Dari masing-masih istilah “Daur” memiliki cara dan pengolahan yang berbeda-beda.

 

Simak penjelasan berikut untuk mengetahui makna dan perbedaan dari ketiga istilah tersebut:

  1. Daur Ulang (Recycle) merupakan proses pemecahan produk menjadi bahan mentah kemudian dibuat kembali menjadi barang baru  dengan nilai yang setara. Istilah recycle dengan Upcyle kerap kali tertukar, namun memiliki perbedaan diantara dua istilah tersebut yaitu apabila recycle barang asli dihancurkan terlebih dahulu kemudian dibentuk menjadi barang baru.  Misalnya mendaur ulang kain sisa atau kain perca yang akan diurai kembali menjadi benang dan bisa digunakan kembali untuk bahan pakaian.
  2. Daur naik (Upcycle) merupakan proses pengolahan sampah menjadi produk yang terbaru kan memiliki kualitas yang lebih tinggi serta memiliki manfaat yang baru. Sedangkan perbedaan pada upcycle yaitu proses daur ulang tidak menghilangkan bentuk asli dari barang tersebut. Pelaku usaha keraajinan sudah banyak yang menerapkan kegiatan upcycle dengan membuat kerajinan tas berbahan dasar sachet makanan maupun sabun.
  3. Daur turun (Downcycle) merupakan daur ulang yang melakukan penguraian bahan ke bentuk dasar sehingga tercipta produk baru yang nilai dan kualitas yang rendah. Misalnya kardus yang diubah menjadi tissue toilet. Karena proses penghacuran bahan dasar tersebut, maka kualitas kertas yang dihasilkan menjadi lebih rendah.

 

Setelah kita mengetahui makna, perbedaan serta penerapan dari ketiga “daur”  yang bisa kita lakukan. Yuk, mulai lakukan perubahan baik ini untuk menyelamatkan bumi ini dari sekarang.

Artikel Terkait

25.000 PROGRAM SERTIFIKASI HALAL GRATIS BPJPH

24 Juni 2022

LAPORAN KEUANGAN UMKM TERTATA RAPI DENGAN CARA INI

31 Mei 2022

PPH FINAL UNTUK UMKM TAHUN 2022

29 Mei 2022

JANGAN BUANG LIMBAH ELEKTRONIK SEMBARANGAN! SIMAK BAHAYA DAN PENGELOLAAN LIMBAH ELEKTRONIK

04 April 2022