Yayasan Dharma Bhakti Astra Yayasan Dharma Bhakti Astra
Info UMKM
24 September 2024 Artikel

Era Digital, Tantangan Baru : Menjaga Pelanggan Tetap Puas.

Di era digital , semua metode penjualan sudah beralih ke online, meskipun penjual dan pembeli tidak bertatap muka secara langsung, namun kepuasan pelanggan tetap harus diperhatikan, lho. Bisa dengan cara meningkatkan kualitas dari pelayanan di aplikasi tertentu apabila menggunakan e-commerce sebagai media menjual suatu produk, tak hanya itu, perilaku konsumen pun juga berubah dari penjualan secara offline berganti secara online.

Dengan begitu, tetap saja ada tantangannya berjualan secara online. Berikut beberapa tantangan yang mungkin dihadapi oleh pemilik usaha secara online :

Ekspetasi Pelanggan yang Tinggi

Pelanggan menginginkan pelayanan yang cepat, personal, dan mudah, perbandingan harga dan produk yang mudah dialihkan.

Persaingan yang Sengit

Banyaknya pilihan produk dan layanan yang serupa, munculnya pesaing baru yang inovatif.

Perubahan Perilaku Konsumen

Penggunaan media sosial yang intens untuk berbagi pengalaman, pentingnya ulasan dan testimoni dari pelanggan lain, minat yang tinggi terhadap personalisasi.

Teknologi yang Berkembang Pesat

Perlu adaptasi yang cepat terhadap teknologi baru, tantangan dalam menjaga keamanan data pelanggan.

Meskipun banyaknya tantangan yang dihadapi, adapun strategi yang dapat dilakukan, yaitu :

Fokus pada pengalaman pelanggan

Personalisasi pengalaman belanja, kemudahan dalam bertransaksi, layanan pelanggan yang responsifdan proaktif.

Bangun Relasi yang Kuat

Komunikasi yang efektif melalui berbagai saluran, program loyalitas yang menarik, tanggapan yang cepat terhadap keluhan dan masukan pelanggan.

Manfaatkan Teknologi

Menggunakan data untuk memahami perilaku pelanggan,  optimalisasi website dan aplikasi untuk pengalaman pengguna yang baik.

 

Sahabat Hebat itulah penjelasan mengenai tantangan yang mungkin dihadapi untuk menjaga kepuasan pelanggan di era digital dan penjelasan mengenai strategi yang dapat dilakukan dalam menghadapi tantangan. Menjaga kepuasan pelanggan bukanlah hal yang mudah, namun dengan begitu menawarkan peluang yang besar. Dengan fokus pada pengalaman pelanggan, maka bisnis Sahabat Hebat dapat tumbuh pesat dan membangun loyalitas pelanggan yang kuat. 

Artikel Terkait

Tiga Rekomendasi Film Indonesia Seputar Bisnis UMKM untuk Memperingati Hari Film Indonesia 30 Maret

Halo Sahabat Hebat! Siapa nih yang suka bang...
30 Maret 2025

Perempuan Pelaku UMKM: Berdaya, Berkarya, Menuju Kesetaraan di Hari Perempuan Internasional 08 Maret 2025

Halo Sahabat Hebat! Sahabat sering mendengar...
08 Maret 2025

5 Ide Promo Valentine yang Bikin UMKM-mu Banjir Cuan!

Valentine sebentar lagi! Saat yang tepat untu...
14 Februari 2025

Mau Sukses Bisnis Hijab? Kenali 6 Model Terlaris Ini!

Hari Hijab Internasional jadi momen pas buat ...
07 Februari 2025