Yayasan Dharma Bhakti Astra Yayasan Dharma Bhakti Astra
31 Maret 2022 Artikel

LANGKAH KECIL MEMULAI SUSTAINABLE LIFESTYLE

Ketika kita memulai hal baru rasanya terasa asing untuk dilakukan. Saat ini hidup ramah lingkungan sedang digencarkan untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Ajakan untuk gaya hidup ramah lingkungan ini bertujuan untuk mengajak kita secara konsisten dengan hidup berkelanjutan.

a. Tidak Menggunakan Produk Sekali Pakai

Penggunaan produk sekali pakai masih menjadi problematik khususnya penggunaan plastik sekali pakai yang masih sering digunakan oleh masyarakat karena pertimbangan harga yang lebih murah dan mudah di dapatkan dimana saja. Plastik merupakan salah satu senyawa kimia yang sulit terurai dan membutuhkan waktu puluhan hingga ratusan tahun. Maka penggunaan produk sekali pakai salah satunya yang berbahan plastik masih menjadi ancaman yang membahayakan lingkungan dan mahluk hidup. Berdasarkan analisis Global Plastic Action Partnership mengatakan bahwa Negara Indonesia mengumpulkan sampah sebanyak 39 persen dengan kapasitas untuk di daur ulang hanya sebatatas 10 persen. Dampaknya yaitu terjadi pembuangan sampah sampai ke laut akibat tidak terkelolanya sampah di darat.

b. Menggunakan Produk Hingga Habis Pemakaian

Penggunaan produk hingga habis masa pemakaian merupakan salah satu langkah yang dapat kita lakukan untuk meminimalisir pembuangan sampah di tempat pembuangan akhir. Pemakaian produk sampai habis bertujuan agar konsumen dapat bertanggung jawab atas produk yang dikonsumsinya. Produk kecantikan masih menjadi produk unggulan dengan peminat yang besar. Beberapa brand dari produk kecantikan terus melakukan inovasi yang cepat. Sehingga sering kali kita merasakan over konsumsi dan membuang produk-produk yang belum terpakai sampai habis.

c. Cermat Membeli Produk Yang Di Perlukan

Sebelum kita membeli produk yang kita inginkan, hendaknya kita mencari tahu sebelumnya kegunaan dan manfaat dari produk tersebut. Sering kali kita menyesal ketika produk yang telah dibeli. Alasannya karena biasanya barang yang telah dibeli memiliki harga yang mahal sementara barang yang di terima tidak begitu penting. Oleh sebab itu karena rutinitas membeli produk yang tidak terpakai sangat merugikan kita karena keungan menjadi tidak sehat, selain itu cermat dalam membeli produk dapat membantu untuk mengurangi sampah yang berdampak pada lingkungan.

d. Memberikan Sampah Kepada Bank Sampah Untuk di Daur Ulang

Bank Sampah merupakan tempat yang digunakan untuk mengumpulkan sampah yang sudah disortir. Hasil dari pengumpulan sampah tersebut akan disetorkan kepada pengrajin sampah atau ke tempat pengepul sampah diolah menjadi kerajinan. Memberikan sampah kepada Bank Sampah dirasa cukup efisien karena sampah diolah kembali menjadi barang-barang yang lebih bermanfaat. 

 

Sumber : IDN Times, Dlh Kabupaten Buleleng, Aliansi Zero Waste Indonesia, WRI Indonesia.

Artikel Terkait

25.000 PROGRAM SERTIFIKASI HALAL GRATIS BPJPH

24 Juni 2022

LAPORAN KEUANGAN UMKM TERTATA RAPI DENGAN CARA INI

31 Mei 2022

PPH FINAL UNTUK UMKM TAHUN 2022

29 Mei 2022

JANGAN BUANG LIMBAH ELEKTRONIK SEMBARANGAN! SIMAK BAHAYA DAN PENGELOLAAN LIMBAH ELEKTRONIK

04 April 2022