Yayasan Dharma Bhakti Astra Yayasan Dharma Bhakti Astra
31 Mei 2022 Artikel

LAPORAN KEUANGAN UMKM TERTATA RAPI DENGAN CARA INI

Laporan keuangan adalah kumpulan informasi keuangan yang disusun dan diinformasikan sebagai bahan pencatatan dan analisa keuangan. Laporan keuangan dapat dilakukan secara periodik yakni harian yang diakumulasikan ke minggu,bulan, hingga tahunan.

Seringkali bisnis menjadi kacau karena laporan keuangan yang tidak beraturan. Agar keuangan bisnis berjalan sehat, perlunya mengatur keuangan dengan sistematis seperti :

  1. Ekuitas adalah modal atau kekayaan suatu badan usaha, UMKM, atau lainnya. Ekuitas ini dapat dihitung dari aset yang dikurangi oleh kewajiban. Laporan perubahan ekuitas berisi laporan yang memuat semua perubahan ekuitas dalam periode waktu tertentu.
  2. Laporan arus kas merupakan rangkuman pengeluaran dan pemasukan bisnis dalam jangkat waktu satu bulan maupun satu tahun
  3. Laporan laba rugi berisikan tentang informasi mengenai selisih pendapatan dikurangi oleh biaya-biaya atau beban yang harus dikeluarkan. Laporan laba rugi bisa menjadi patokan untuk mengambil keputusan terkait pengembalian investasi dan lain-lain.
  4. Neraca,sebagaimana yang dikutip dari situs Investopedia.com, adalah sebuah laporan keuangan yang menyajikan jumlah asset, kewajiban (utang), dan ekuitas (modal) usaha pada periode waktu tertentu. Sebagaimana dalam definisi di atas, neraca memiliki tiga unsur yakni harta, kewajiban, dan modal. Harta adalah kekayaan yang dimiliki oleh usaha yang terdiri dari harta lancar, harta tetap, dan harta nonfisik (hak paten, merk dagang, dan lain sebagainya).

Sumber : Jurnal.id, Keuangan UMKM, Katadata 

Artikel Terkait

25.000 PROGRAM SERTIFIKASI HALAL GRATIS BPJPH

24 Juni 2022

PPH FINAL UNTUK UMKM TAHUN 2022

29 Mei 2022

JANGAN BUANG LIMBAH ELEKTRONIK SEMBARANGAN! SIMAK BAHAYA DAN PENGELOLAAN LIMBAH ELEKTRONIK

04 April 2022

Apakah Recyle, Upcycle dan Downcycle? Apakah Perbedaannya ?

01 April 2022