Yayasan Dharma Bhakti Astra Yayasan Dharma Bhakti Astra
Info UMKM
12 Juli 2023 Artikel

MENJELAJAHI POTENSI LAUT: KOMODITAS-KOMODITAS MENGUNTUNGKAN BERBASIS LAUT

https://www.freepik.com/

Potensi laut sebagai basis untuk mengembangkan UMKM sangatlah besar. UMKM perlu memperhatikan prinsip-prinsip pengelolaan sumber daya laut yang berkelanjutan untuk memastikan keberlanjutan lingkungan dan menjaga kelangsungan komoditas-komoditas berbasis laut. Dukungan dari pemerintah, lembaga riset, dan komunitas lokal juga sangat penting dalam memberikan pelatihan, akses ke pasar, dan infrastruktur yang diperlukan bagi UMKM. Dengan memanfaatkan potensi laut secara optimal, UMKM dapat berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi lokal, penciptaan lapangan kerja, dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Pengelolaan sumber daya laut yang berkelanjutan menjadi kunci dalam menjaga keberlanjutan potensi laut bagi UMKM. UMKM yang bergerak di sektor perikanan, misalnya, perlu memperhatikan praktik-praktik penangkapan ikan yang bertanggung jawab dan menjaga keseimbangan ekosistem laut. Penggunaan alat tangkap yang ramah lingkungan, penegakan aturan ukuran dan musim penangkapan, serta upaya pemeliharaan dan rehabilitasi habitat laut menjadi hal yang penting untuk dilakukan.

Selain itu, dukungan dari pemerintah, lembaga riset, dan komunitas lokal juga sangat penting dalam mengembangkan potensi laut bagi UMKM. Pemerintah dapat memberikan kebijakan dan regulasi yang mendukung pengembangan sektor UMKM berbasis laut, seperti memberikan insentif pajak, memfasilitasi akses ke pembiayaan, dan menyediakan infrastruktur yang diperlukan. Lembaga riset dapat membantu UMKM dalam melakukan inovasi dan pengembangan produk berbasis laut yang lebih baik. Sementara itu, komunitas lokal dapat memberikan pelatihan, keterampilan, dan akses ke pasar yang dapat membantu UMKM memperluas jangkauan produk dan meningkatkan daya saing.

Dengan memanfaatkan komoditas-komoditas berbasis laut seperti ikan dan produk perikanan, pariwisata bahari, energi terbarukan, dan produk kosmetik dan kesehatan, UMKM dapat menghasilkan produk berkualitas tinggi yang memiliki daya saing baik di pasar lokal maupun internasional. Selain itu, pengembangan UMKM berbasis laut juga dapat mendorong pemerataan pembangunan ekonomi, terutama di daerah pesisir yang sering kali memiliki potensi laut yang melimpah.

Namun, penting juga untuk diingat bahwa dalam menjelajahi potensi laut ini, UMKM harus menjaga keseimbangan antara pemanfaatan sumber daya laut dan perlindungan lingkungan. Pengelolaan yang berkelanjutan dan tanggung jawab sosial menjadi landasan dalam mengoptimalkan potensi laut bagi UMKM. Dengan melakukan langkah-langkah yang tepat, UMKM dapat memperoleh manfaat ekonomi yang signifikan sambil tetap menjaga kelestarian lingkungan laut untuk generasi mendatang.

Mengutip dari antaranews.com, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono menyampaikan optimistisnya pada empat komoditas laut yang menjadi unggulan di Indonesia. Diantaranya;

Udang

Udang Indonesia dikenal memiliki kualitas yang baik dan memiliki pangsa pasar yang besar baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Beberapa jenis udang yang dihasilkan di Indonesia antara lain udang windu, udang vaname, udang putih, dan udang galah.

Lobster

Lobster Indonesia terkenal akan kualitasnya dan memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Beberapa jenis lobster yang dihasilkan di perairan Indonesia meliputi lobster pasir (Panulirus homarus), lobster batu (Panulirus ornatus), dan lobster mutiara (Panulirus versicolor). Lobster biasanya diekspor dalam bentuk hidup atau beku ke berbagai negara, terutama Jepang, Amerika Serikat, dan China.

Kepiting

Kepiting Indonesia memiliki variasi jenis yang beragam, antara lain kepiting bakau (Scylla serrata), kepiting rajungan (Portunus pelagicus), dan kepiting soka (Portunus armatus). Kepiting ini memiliki permintaan yang tinggi baik di pasar lokal maupun internasional. Biasanya kepiting diekspor dalam bentuk hidup atau beku, dan negara-negara seperti Singapura, Malaysia, dan Jepang menjadi tujuan utama ekspornya.

Rumput Laut

Indonesia memiliki wilayah perairan yang ideal untuk pertumbuhan rumput laut. Rumput laut memiliki nilai ekonomi yang tinggi karena digunakan dalam industri makanan, kosmetik, obat-obatan, dan bahan baku industri lainnya. Beberapa jenis rumput laut yang dihasilkan di Indonesia antara lain rumput laut hijau, rumput laut merah, dan rumput laut cokelat.

 

Referensi

Jackie Ambadar, Miranty Abidin, dan Yanty Isa. 2010. Mengelola Usaha Dengan Tepat. Bandung: PT Mizan Pustaka.

Achmad Sudradjat. 2015. Budidaya 26 Komoditas Laut Unggul. Jakarta: Penebar Swadaya.

Sugiharto Purnama. antaranews.com. 2022. Menteri Trenggono Sebut Empat Komoditas Laut Jadi Unggulan Indonesia. Dilihat 12 Juli 2023.

https://www.antaranews.com/berita/3323430/menteri-trenggono-sebut-empat-komoditas-laut-jadi-unggulan-indonesia

Artikel Terkait

Pengguna Cashless Harus Bijak dalam Memilih Bank Digital

Jangan sampai tertukar, online banking dengan...
11 Juli 2024

Kontribusi Petani dalam Meningkatkan Ketahanan Pangan Nasional

Untuk mewujudkan ketahanan pangan, sektor per...
19 Juni 2024

Kok Bisa Paku Berkarat Menjadi Pupuk Tanaman?

Paku berkarat yang Sahabat Hebat ketahui tida...
13 Juni 2024

Contoh Bahan-Bahan yang Dapat Didaur Ulang Menjadi Pupuk Bagi Usaha Pertanian

Kompos merupakan hasil pelapukan bahan-bahan ...
28 Mei 2024