Yayasan Dharma Bhakti Astra Yayasan Dharma Bhakti Astra
Info UMKM
15 September 2023 Artikel

TIPS LOGISTIK UNTUK PENGIRIMAN EFISIEN

Logistik adalah proses mendapatkan sebuah produk dari pemasok ke pelanggan. Memperoleh produk dari pemasok dan grosir, memerlukan proses manufaktur, dan penyimpanan serta bagaimana pengiriman produk tersebut.

Sebelumnya, kamu harus memiliki pemahaman mendalam tentang sistem logistik untuk memastikan keuntungan yang maksimal sambil memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggan.

Berikut beberapa tips untuk mengoptimalkan logistik dan pengiriman produk secara efisien.

 

Merencanakan dan Melakukan Strategi Inventory Management

Untuk memaksimalkan efektivitas dalam kegiatan alur distribusi logistik, sangat penting untuk menjaga tingkat inventaris dengan akurat. Dengan strategi manajemen rantai pasokan dan strategi optimasi alur distribusi logistik yang tepat dapat mencapai waktu pengiriman yang lebih cepat, meningkatkan produktivitas, dan memperoleh keunggulan kompetitif yang pada akhirnya menaikkan penjualan dan pendapatan.

Menjalin Hubungan Kerjasama dengan Mitra Logistik

Mitra logistik yang handal dan terpercaya dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan efisiensi operasional, termasuk pengurangan biaya logistik, peningkatan kualitas pengiriman dan pengurangan waktu pemuatan dan pengiriman barang.

Mengimplementasikan dan Melakukan Pemantauan Kualitas Secara Menyeluruh

Pemantauan kualitas adalah cara untuk memastikan bahwa barang yang dikirim sesuai dengan standar kualitas yang ditetapkan. Dengan memantau kualitas pada alur distribusi logistik, akan meningkatkan kehandalan dan efektivitas dari seluruh rantai pasokan dan memberikan manfaat jangka panjang bagi perusahaan.

Menganalisa Rencana Rute Pengiriman

Para pelaku UMKM dapat mengevaluasi rute yang digunakan saat ini dan dapat melakukan perubahan jika diperlukan. Analisis rute pengiriman dapat menghemat biaya pengiriman dan meningkatkan efektivitas pengiriman.

Membuat Penjadwalan yang Tepat

Distribusi yang direncanakan memastikan bahwa pengemudi tidak mengambil pengiriman melebihi dari yang mereka bisa tangani. Oleh karena itu, penjadwalan yang baik dan tepat dapat memastikan bahwa barang dikirim tepat waktu dan sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Menganalisa Data Pengiriman Logistik

Dengan menganalisa data waktu pengiriman, optimasi rute, dan umpan balik dari konsumen, para pelaku UMKM dapat memperoleh wawasan yang bermanfaat tentang bagaimana meningkatkan kepuasan pelanggan dan efektivitas operasional secara keseluruhan.

 

Suatu bisnis dapat mengatasi masalah terhadap fluktuasi permintaan dengan menjaga stok barang pada tingkat persediaan normal dengan menggunakan data dan alat pendukung lainnya seperti software dari sistem manajemen inventaris. Oleh karena itu, optimasi alur distribusi logistik adalah kunci untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam pengiriman barang. Selain itu, jangan lupa juga untuk selalu mengevaluasi dan melakukan pembaruan alur distribusi logistik agar tetap efisien dan efektif dalam jangka panjang.

 

REFERENSI

Manajemen Logistik: Pengertian dan Tips Untuk Mengoptimalkannya (kledo.com)

9 Cara Optimasi Alur Distribusi Logistik untuk Efisiensi Bisnis (poslogistics.co.id)

 

Artikel Terkait

CARA MENGAMATI PRAKIRAAN CUACA UNTUK MENENTUKAN AKTIVITAS UMKM

Mengamati prakiraan cuaca adalah langkah pent...
25 Maret 2024

HAK KONSUMEN YANG PERLU DIKETAHUI OLEH PELAKU UMKM

Hak Konsumen mengacu pada hak-hak yang diberi...
22 Maret 2024

CARA MENCANTUMKAN LABEL KANDUNGAN GIZI PADA PRODUK DENGAN BAIK DAN BENAR

Pada Peraturan Badan Pengawas Obat dan Makana...
23 Februari 2024

JENIS PRODUK DAN USAHA YANG WAJIB MEMILIKI SERTIFIKAT HALAL

Berdasarkan aturan Undang-Undang Nomor 33 Tah...
12 Februari 2024