Yayasan Dharma Bhakti Astra Yayasan Dharma Bhakti Astra
Info UMKM
23 Februari 2024 Artikel

CARA MENCANTUMKAN LABEL KANDUNGAN GIZI PADA PRODUK DENGAN BAIK DAN BENAR

Pada Peraturan Badan Pengawas Obat dan Makanan Nomor 26 Tahun 2021 Tentang Informasi Nilai Gizi pada Label Pangan Olahan Pasal 2 menyebutkan bahwa setiap orang yang memproduksi dan/atau mengedarkan Pangan Olahan wajib mencantumkan Informasi Nilai Gizi pada Label.

Mencantumkan label kandungan gizi pada produk dengan baik dan benar sangat penting untuk memberikan informasi yang akurat kepada konsumen.

Berikut adalah beberapa langkah umum dalam mencantumkan label kandungan gizi.

Baca Peraturan dan Persyaratan yang Berlaku

Pastikan memahami persyaratan hukum dan peraturan terkait dengan label kandungan gizi di wilayah.

Penyajian Informasi

Susun informasi kandungan gizi secara jelas dan mudah dipahami pada Tabel ING seperti takaran saji, jumlah sajian per kemasan, jenis dan jumlah kandungan zat gizi dan non gizi, persentase AKG, dan catatan kaki.

Sertakan Informasi yang Diperlukan

Label kandungan gizi harus mencakup informasi seperti jumlah kalori, lemak, karbohidrat, protein, serat, gula, vitamin, dan mineral.

Sertakan Persentase Nilai Harian (%DV)

Persentase ini membantu konsumen memahami seberapa banyak nutrisi yang disediakan oleh satu porsi produk dalam konteks kebutuhan harian.

Letakkan Label dengan Jelas

Tempatkan label kandungan gizi pada kemasan produk dengan jelas dan mudah terlihat untuk membantu konsumen menemukan informasi dengan cepat.

Periksa Kembali Kelayakan Label

Pastikan label kandungan gizi telah diperiksa oleh otoritas yang berwenang untuk memastikan kepatuhan terhadap regulasi dan ketepatan informasi.

 

Penerapan pencantuman ING dikecualikan untuk kopi bubuk, teh bubuk/serbuk, teh celup, air minum dalam kemasan, herba, rempah, rempah, bumbu, dan kondimen. Namun, produk-produk tersebut tetap dapat mencantumkan ING pada label, sepanjang memenuhi ketentuan.

Pendaftaran baru pangan olahan yang diimpor maupun yang diproduksi oleh produsen skala Usaha Menengah dan Besar wajib mencantumkan ING yang dibuktikan dengan hasil analisis zat gizi dari laboratorium pemerintah dan/atau laboratorium lain yang telah terakreditasi. Minimal jenis zat gizi yang harus dicantumkan pada Tabel ING yaitu energi total, lemak total, lemak jenuh, protein, karbohidrat total, gula, dan garam (natrium), dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.


 

REFERENSI

https://istanaumkm.pom.go.id/artikel-pangan/pencantuman-informasi-nilai-gizi-ing-pada-label-pangan-olahan

Artikel Terkait

CARA MENGAMATI PRAKIRAAN CUACA UNTUK MENENTUKAN AKTIVITAS UMKM

Mengamati prakiraan cuaca adalah langkah pent...
25 Maret 2024

HAK KONSUMEN YANG PERLU DIKETAHUI OLEH PELAKU UMKM

Hak Konsumen mengacu pada hak-hak yang diberi...
22 Maret 2024

JENIS PRODUK DAN USAHA YANG WAJIB MEMILIKI SERTIFIKAT HALAL

Berdasarkan aturan Undang-Undang Nomor 33 Tah...
12 Februari 2024

5 JURUSAN KULIAH TERBAIK UNTUK BELAJAR ENTREPRENEUR

Konsep entrepreneur adalah orang yang menjala...
16 Januari 2024