Yayasan Dharma Bhakti Astra Yayasan Dharma Bhakti Astra
Info UMKM
28 Mei 2024 Artikel

Contoh Bahan-Bahan yang Dapat Didaur Ulang Menjadi Pupuk Bagi Usaha Pertanian

Limbah organik merupakan limbah yang dapat diuraikan secara sempurna melalui proses biologi baik aerob maupun anaerob. Limbah organik yang dapat diurai melalui proses biologi mudah membusuk, seperti sisa makanan, sayuran, potongan kayu, daun-daun kering, dan sebagainya.

Kompos merupakan hasil pelapukan bahan-bahan organik seperti dedaunan, Jerami, alang-alang, sampah, rumput, dan bahan lain yang sejenis. Sampah organik berasal dari makhluk hidup, baik manusia, hewan, maupun tumbuhan. Contoh limbah organik dapat dibedakan menjadi dua jenis, yakni limbah organik basah dan limbah organik kering.

Berikut contoh bahan-bahan yang dapat didaur ulang dari dua jenis limbah organik.

Limbah Organik Basah

Limbah organik basah adalah sampah yang memiliki kandungan air yang cukup tinggi. Contohnya seperti, kulit buah, sisa makanan, dan sisa sayuran.

Limbah Organik Kering

Tidak seperti limbah organik basah, untuk limbah organik kering yaitu sampah yang memiliki kandungan airnya kecil. Contoh sampah organik kering diantaranya kertas, kayu atau ranting pohon, dan daun-daun kering.

Berikut beberapa contoh bahan yang dapat didaur ulang menjadi pupuk alami dan dapat dibuat sendiri di rumah.

Kulit Pisang

Kandungan kalium pada pisang (sebagai pupuk) berfungsi mengatur penyerapan karbondioksida dan mempertahankan tekanan turgor sel. Pisang mengandung potassium tinggi yang dapat digunakan sebagai pupuk organik. Caranya, rebus satu liter air dengan empat hingga lima kulit pisang selama 20 menit, lalu gunakan saringan dan simpan cairannya saja. Setelah itu, dinginkan cairan sebelum menuangkannya ke dalam botol semprot yang akan digunakan untuk menyemprot tanaman setiap 15 hari.

Cangkak Telur

Dengan membuat pupuk buatan sendiri dengan kulit telur, Sahabat Hebat dapat memberi tanaman sumber kalsium tambahan. Cangkak telur adalah nutrisi penting bagi tanaman untuk tambah dan membantunya memiliki daya tahan yang kuat.

Paku Berkarat

Paku yang telah berkarat biasanya tidak bisa lagi digunakan. Namun, Sahabat Hebat bisa memanfaatkannya sebagai paku pupuk untuk tanaman. Paku berkarat dapat membuat tanaman tumbuh lebih sehat dan lebih kuat.

Aspirin

Selain baik untuk kesehatan manusia, aspirin dapat menyehatkan bagi tanaman. Untuk memanfaatkannya encerkan satu tablet aspirin dalam satu liter air, lalu siramkan cairan langsung pada daun dan tanah.

Biji Kopi

Biji kopi dapat memberi tanaman nutrisi yang sangat penting, yakni nitrogen. Sebaiknya, mengaplikasikan pupuk biji kopi ini pada fase pertama perkembangan tanaman.

Meningkatnya kebutuhan untuk menjaga lingkungan, Sahabat Hebat harus mengurangi pemakaian pupuk kimia dengan penggunaan pupuk buatan sendiri.


Referensi

https://www.liputan6.com/hot/read/5199383/contoh-limbah-organik-dan-cara-pengolahannya-bisa-dijadikan-pupuk?page=5

https://www.kompas.com/homey/read/2021/10/29/140000676/5-limbah-yang-dapat-dijadikan-pupuk-organik-untuk-tanaman?page=2

Artikel Terkait

Pengguna Cashless Harus Bijak dalam Memilih Bank Digital

Jangan sampai tertukar, online banking dengan...
11 Juli 2024

Kontribusi Petani dalam Meningkatkan Ketahanan Pangan Nasional

Untuk mewujudkan ketahanan pangan, sektor per...
19 Juni 2024

Kok Bisa Paku Berkarat Menjadi Pupuk Tanaman?

Paku berkarat yang Sahabat Hebat ketahui tida...
13 Juni 2024

Hal-Hal yang Perlu Dipersiapkan dalam Memproduksi Produk Jamu

Jamu tradisional adalah salah satu minuman ke...
22 Mei 2024