Yayasan Dharma Bhakti Astra Yayasan Dharma Bhakti Astra
Info UMKM
22 Maret 2024 Artikel

HAK KONSUMEN YANG PERLU DIKETAHUI OLEH PELAKU UMKM

Hak Konsumen mengacu pada hak-hak yang diberikan kepada individu sebagai pengguna barang atau jasa. Sebagai pelaku UMKM, penting untuk memahami hak-hak konsumen agar dapat menjalankan bisnis dengan baik dan memastikan kepuasan pelanggan. Berikut adalah beberapa hak konsumen yang diatur oleh Undang-Undang Perlindungan Konsumen di Indonesia.

Hak Atas Kenyamanan, Keamanan, dan Keselamatan

Konsumen memiliki hak untuk mendapatkan barang atau jasa yang aman digunakan dan sesuai dengan standar kualitas yang diharapkan. Serta, UMKM harus memastikan bahwa informasi pribadi konsumen disimpan dan dikelola denga naman dan sesuai dengan peraturan perlindungan data yang berlaku.

Hak untuk Memilih

Konsumen memiliki hak untuk memilih dari berbagai macam produk atau layanan yang tersedia. Konsumen juga berhak untuk membandingkan produk dan layanan sebelum membuat Keputusan untuk membeli.

Hak Atas Informasi yang Jelas dan Jujur

Konsumen berhak mendapatkan informasi yang jelas, jujur, dan akurat tentang produk atau layanan yang ditawarkan, termasuk harga, spesifikasi, dan kebijakan pengembalian barang.

Hak untuk Didengar Pendapat dan Keluhan

Konsumen memiliki hak untuk menyampaikan pendapat maupun mengajukan keluhan jika konsumen tidak puas dengan produk atau layanan yang mereka terima. Konsumen juga berhak untuk mendapatkan tanggapan yang memadai dan solusi yang memuaskan dari para pelaku UMKM.

Hak untuk Informasi dan Pendidikan Konsumen

Konsumen berhak untuk mendapatkan pendidikan dan informasi yang memadai tentang hak-hak konsumen, serta cara-cara untuk melindungi diri mereka sendiri dalam transaksi konsumen.

Hak Atas Jaminan Kepuasan

Konsumen berhak untuk merasa puas dengan pembelian mereka. Jika barang atau jasa tidak sesuai dengan yang dijanjikan atau diharapkan, konsumen berhak untuk meminta pengembalian dana atau penggantian barang atau perbaikan jasa.

 

UMKM yang memahami dan menghormati hak-hak konsumen ini akan dapat membangun hubungan yang baik dengan pelanggan, meningkatkan kepercayaan, dan memperkuat reputasi bisnis. Selain itu, memahami dan melindungi hak-hak konsumen adalah kunci dalam menjalankan bisnis yang etis dan bertanggung jawab.


REFERENSI

https://nasional.kompas.com/read/2022/04/29/03300001/hak-hak-konsumen-menurut-uu-perlindungan-konsumen

https://pinterhukum.or.id/perlindungan-konsumen-pengertian-bentuk-dan-pentingnya/

 

 

Artikel Terkait

CARA MENGAMATI PRAKIRAAN CUACA UNTUK MENENTUKAN AKTIVITAS UMKM

Mengamati prakiraan cuaca adalah langkah pent...
25 Maret 2024

CARA MENCANTUMKAN LABEL KANDUNGAN GIZI PADA PRODUK DENGAN BAIK DAN BENAR

Pada Peraturan Badan Pengawas Obat dan Makana...
23 Februari 2024

JENIS PRODUK DAN USAHA YANG WAJIB MEMILIKI SERTIFIKAT HALAL

Berdasarkan aturan Undang-Undang Nomor 33 Tah...
12 Februari 2024

5 JURUSAN KULIAH TERBAIK UNTUK BELAJAR ENTREPRENEUR

Konsep entrepreneur adalah orang yang menjala...
16 Januari 2024