Yayasan Dharma Bhakti Astra Yayasan Dharma Bhakti Astra
Info UMKM
22 Mei 2024 Artikel

Hal-Hal yang Perlu Dipersiapkan dalam Memproduksi Produk Jamu

Jamu tradisional adalah salah satu minuman kesehatan yang terbuat dari beberapa jenis rempah-rempah. Jamu tradisional memiliki banyak khasiat bagi kesehatan, seperti meningkatkan daya tahan tubuh, menyembuhkan penyakit, dan menjaga kesehatan.

Usaha jamu tradisional di Indonesia memiliki prospek dan peluang besar menghasilkan cuan. Sebelum mulai membangun usaha jamu tradisional, kamu perlu mempersiapkan beberapa hal, seperti memiliki kemampuan meracik jamu tradisional hinga memiliki kemampuan tentang berbagai khasiat jamu tradisional.

Peluang usaha jamu tradisional mempunyai target pasar yang sangat luas, selain itu peluang bisnis ini juga tidak membutuhkan modal yang besar dan untuk mengolah bahan rempah jamu juga kamu dapat menggunakan peralatan yang kamu miliki di rumah.

Meskipun terkesan mudah dan tidak membutuhkan modal yang besar, kamu juga perlu mempersiapkan beberapa persyaratan khusus untuk menjalani bisnis jamu.

Pertama, Pastikan kamu sudah mendapatkan izin P-IRT (Pangan Industri Rumah Tangga), pelaku UMKM juga perlu memiliki SP-IRT (Sertifikat Penyuluhan Industri Rumah Tangga).

Kedua, Pastikan produk jamu yang kamu jual juga sudah memiliki izin dari BPOM dan Halal.

Ketiga, Pelaku UMKM juga perlu memiliki lembar kualitas air dari Puskesmas setempat. Jika lolos, pelaku UMKM dapat melanjutkan ke BPPT (Badan Pelayanan Perizinan Terpadu).

Selain ketiga persyaratan khusus di atas, kamu juga perlu memastikan bahwa bahan baku berasal dari sumber yang terpercaya dan memiliki kualitas tinggi dengan melakukan uji kualitas kebersihan, kemurnian, dan efektivitasnya. Jangan lupa cantumkan informasi lengkap seperti komposisi, tanggal kadaluarsa, cara penggunaan, dan izin edar untuk menarik dan sesuai dengan standar keamanan pangan, serta memiliki daya saing di pasar.

 

 

REFERENSI

https://umkm.kompas.com/read/2023/12/12/204845583/ketahui-peluang-keuntungan-dan-tantangan-usaha-jamu-tradisional

https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-5478796/mau-bisnis-jamu-apa-saja-syarat-usahanya-yaW

Artikel Terkait

Kontribusi Petani dalam Meningkatkan Ketahanan Pangan Nasional

Untuk mewujudkan ketahanan pangan, sektor per...
19 Juni 2024

Kok Bisa Paku Berkarat Menjadi Pupuk Tanaman?

Paku berkarat yang Sahabat Hebat ketahui tida...
13 Juni 2024

Contoh Bahan-Bahan yang Dapat Didaur Ulang Menjadi Pupuk Bagi Usaha Pertanian

Kompos merupakan hasil pelapukan bahan-bahan ...
28 Mei 2024

Cara UMKM Supaya Siap Siaga Bencana

Indonesia diibaratkan supermaketnya bencana. ...
30 April 2024