Yayasan Dharma Bhakti Astra Yayasan Dharma Bhakti Astra
Tentang YDBA

Yayasan Dharma Bhakti Astra Mitra terpercaya bagi UMKM dalam mengelola bisnis.

Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) merupakan salah satu pelaksana Corporate Social Responsibility (CSR) PT Astra International Tbk yang didirikan oleh founder Astra, William Soeryadjaya pada 2 Mei 1980. YDBA merupakan perwujudan cita-cita Astra “Sejahtera Bersama Bangsa” serta sebagai bentuk komitmen Astra untuk berperan serta secara aktif dalam membangun bangsa, sejalan dengan butir pertama filosofi Astra, Catur Dharma, yaitu ”Menjadi Milik yang bermanfaat bagi Bangsa dan Negara”. Dalam Astra Strategic Triple Roadmap, YDBA merupakan bagian dari salah satu Public Contribution Astra, yaitu Astra Kreatif, yang berfokus pada program kewirausahaan.

YDBA memberikan program pelatihan, pendampingan, fasilitasi pemasaran, dan fasilitasi pembiayaan untuk mendorong UMKM menuju kemandirian. 

Putar Video Profile

YDBA berupaya untuk mendorong UMKM dari sentra industri tradisional menjadi sentra industri modern melalui Program Sektor Unggulan. Dengan memberikan pelatihan, pendampingan, fasilitasi pemasaran, dan fasilitasi pembiayaan kepada UMKM, diharapkan UMKM dapat mencapai kemandirian serta naik kelas dan berkelanjutan.

Untuk mengetahui lebih detil, unduh materi Sekilas YDBA di link berikut : 

UNDUH DISINI

Visi

Menjadi institusi yang terbaik di bidang pembinaan dan pengembangan UMKM di Indonesia.

Misi
  • Membina dan mengembangkan UMKM yang terkait dan tidak terkait dengan bisnis Grup Astra.
  • Membina UMKM dan memberdayakan usaha ekonomi masyarakat di sekitar lokasi jaringan Grup Astra sebagai penunjang rantai nilai bisnis.
  • Mengembangkan kewirausahaan dan keterampilan masyarakat sesuai dengan kompetensi yang dimiliki Grup Astra dan Stakeholder.
Sejarah

YDBA Berdiri sebagai Komitmen Astra Untuk Berperan Serta Aktif dalam Membangun Bangsa

Sejarah

YDBA menjalankan program tanggung jawab sosial Astra dengan fokus pada pembinaan UMKM. Baik UMKM yang terkait maupun tidak terkait value chain bisnis Astra, misalnya seperti bengkel umum roda empat dan roda dua, pengrajin, dan petani. Berlandaskan Operating Values yang dimiliki, yaitu Compassionate, Adaptive, Responsible dan Excellent, YDBA memberikan pelatihan dan pendampingan kepada UMKM untuk naik kelas dan mencapai kemandiriannya.

Lihat detil sejarah YDBA di DISINI 

Struktur Organisasi

Tim yang Senantiasa Mengimplementasikan CARE (Compassionate, Adaptive, Responsible, Excellent)

Klik untuk memperbesar gambar
Pencapaian

Bukti Nyata Kinerja

Hingga Desember 2021, secara akumulasi YDBA telah memberikan pembinaan kepada

12.006 UMKM yang melibatkan 71.522 Tenaga Kerja

Kami juga telah berhasil mendorong 28 UMKM masuk menjadi 1st tier supplier Astra,

Menciptakan 215 UMKM Mandiri, dan Menaikkan Kelas 857 UMKM

 

Catatan : YDBA mengembangkan metode Asesmen Kemandirian UMKM, untuk mengukur kelas UMKM berdasarkan kemampuan pada Manajemen Produksi, Manajemen Keuangan, Manajemen SDM, Manajemen Pemasaran, dan Manajemen Lingkungan & CSR. Pencapaian UMKM Naik Kelas dan UMKM Mandiri menggunakan standar yang terdapat pada asesmen tersebut. 

Penghargaan

Beberapa rekognisi yang diterima YDBA dalam beberapa waktu terakhir

Indonesia Sustainability Development Awards 2021
PR Indonesia Awards 2021
MIX Marcomm - Indonesia’s Best Corporate Sustainability Initiatives 2021
Astra Corporate Affairs Awards 2021