Yayasan Dharma Bhakti Astra Yayasan Dharma Bhakti Astra
14 April 2022 Siaran pers

YDBA Turut Kembangkan UMKM Manufaktur di Solo

Solo – Dalam menjalankan kontribusi sosial khususnya UMKM di Indonesia, Astra mendirikan Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) yang berperan dalam membina dan mengembangan UMKM di tanah air. Salah satu bidang usaha UMKM yang dibina YDBA adalah industri manufaktur.

Pada tahun 2019, YDBA mendirikan Lembaga Pengembangan Bisnis (LPB) Solo sebagai cabang YDBA di Solo dengan fokus pada pengembangan industri manufaktur. Bersamaan dengan didirikannya LPB tersebut, YDBA mendukung terbentuknya Komunitas Machining Solo Raya yang diprakarsai oleh 7 UMKM Manufaktur Binaan YDBA yang berkomitmen untuk menjalankan program pembinaan YDBA. Seluruh anggota komunitas ini telah mengikuti berbagai program pembinaan baik teknis maupun manajemen.

Pembinaan manajemen antara lain, seperti Pelatihan Basic Mentality, Pelatihan & Pendampingan 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat dan Rajin), Pelatihan Digital Marketing, Pelatihan & Pendampingan LK3 (Lingkungan Kesehatan dan Keselamatan Kerja), Pelatihan HRD (Human Resource Development), Pelatihan PDCA (Plan, Do, Check, Action), Pelatihan dan Pendampingan Cost Accounting and Working Capital Management, Pelatihan Marketing, Sosialisasi Perijinan Usaha dan Perpajakan serta beberapa kegiatan fasilitasi pemasaran.

 Sedangkan pembinaan teknis, seperti Pelatihan & Pendampingan QC (Quality Control), PPIC (Production Planning & Inventory Control), TPM (Total Productive Maintenance), Pelatihan Management Capability & Engineering Capabillity, Pelatihan Teknik QCD (Quality, Cost, Delivery) dan lainnya.

Di samping semakin bertambahnya anggota komunitas tersebut, saat ini Komunitas Machining Solo Raya tengah mempersiapkan pendirian koperasi yang diharapkan dapat menjadikan UMKM sebagai anggota di dalamnya menjadi mandiri. Salah satu dari anggota tersebut, yaitu PT Sinergi Solo Sejahtera (PT SSS).

PT SSS adalah UMKM Manufaktur binaan YDBA yang didirikan Sutarmin pada tahun 2011 dengan fokus usaha, yaitu spesialisasi Mold Maker (Pembuat Cetakan). Beberapa produk yang telah dihasilkannya, antara lain Mold Almari, Mold Botol Spray, Mold Sendok, Mold Jerigen dan lainnya.

Bergabung menjadi binaan YDBA pada tahun 2019 memacu PT SSS untuk bisa menjadikan bisnisnya lebih berkembang lagi. Melalui berbagai program pembinaan, PT SSS memulai melakukan perubahan di dalam bisnisnya, seperti penerapan 5R yang menjadikan proses produksi lebih efektif sekaligus meningkatkan kepercayaan customer dan melakukan inovasi dalam pembuatan produk berdasarkan kebutuhan customer.

Melalui YDBA, sejak Oktober 2019 hingga kini PT SSS menjadi salah satu dari 9 UMKM Manufaktur di Solo Raya yang dipercaya untuk memasok produknya ke PT Yogya Presisi Teknikatama Industri (PT YPTI). PT YPTI merupakan UMKM binaan YDBA yang telah mandiri yang saat ini menjadi tier 1 Grup Astra. Selain memberikan kesempatan UMKM Manufaktur Solo untuk memasok produknya sesuai standar QCD, PT YPTI juga turut terlibat bersama YDBA dalam memberikan pembinaan kepada UMKM di Solo.

Artikel Terkait

Kolaborasi YDBA dengan APJI dalam Membina UMKM

21 April 2022

#YukExplore UMKM Indonesia Binaan YDBA

Jakarta –...

15 Maret 2022

YDBA Resmikan Pembinaan Sentra Komoditas Jahe Merah di Desa Hariang, Kabupaten Lebak, Banten

Sektor pertania...

20 November 2020

Semangat Kolaborasi Wujudkan Harapan

Semangat kolabo...

30 Oktober 2020